Senin, 26 Mei 2014

.. Peta Perjalanan Hidup dalam Al-Qur'an ^^

Diposting oleh Unknown di 11.52


Hidup ini adalah gambaran sebuah perjalanan dan peta hidup itu ada di sini ..
           "... padahal kamu tadinya mati, lalu Allah menghidupkan kamu, kemudian kamu dimatikan dan dihidupkan-Nya kembali, kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan" (QS. Al-Baqarah : 28)


1. Ruh
    ... padahal kamu tadinya mati ...

      "Bukankah telah datang atas manusia satu waktu dari masa, sedang dia ketika itu belum merupakan sesuatu yang dapat disebut?" (QS. Al-Insaan : 1)

          Ialah ruh. Makhluk Allah yang secara totalitas berada dalam pengawasan dan lindungan Allah. Ialah makhluk yang telah memberi kesaksian. Sebuah persaksian terhadap keESAan Allah,

          "Dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman): "Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi." (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)", atau agar kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya orang-orang tua kami telah mempersekutukan Tuhan sejak dahulu, sedang kami ini adalah anak-anak keturunan yang (datang) sesudah mereka. Maka apakah Engkau akan membinasakan kami karena perbuatan orang-orang yang sesat dahulu?" (QS. Al-A'raaf : 172-173)
hal ini adalah sebuah proses penanaman ketauhidan yang pertama, sebagai bekal hidup (fitrah).


2. Alam Syahadah
    ... lalu Allah menghidupkan kamu ...

        Saat ini, di alam inilah manusia hidup. Hanya sebentar saja, seperti pepatah jawa yang mengatakan, "urip iki mung mampir ngombe", bahwa hidup ini hanya seperti seorang musafir yang beristirahat untuk minum. Beberapa saat saja, sebelum ia beranjak menuju tahapan kehidupan selanjtnya.

       di alam ini, dimana manusia bertugas untuk menjalankan kehidupan berdasarkan aturan-aturanNya. Dengan bekal pendengaran, penglihatan dan hati, di sinilah manusia hidup dan mengemban amanah dariNya. 

        "Dan Allah mengeluarkan kamu dari perut ibumu dalam keadaan tidak mengetahui sesuatupun, dan Dia memberi kamu pendengaran, penglihatan dan hati, agar kamu bersyukur." (QS. An-Nahl : 78)


3. Kematian
    ... kemudian kamu dimatikan ...

    Kematian memisahkan antara ruh dengan jasad, memisahkan amanah dengan pelakunya dan mempertemukannya pada masa dimana ia tak lagi berdaya untuk sekedar berbicara. 

          "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati." (QS. Ali 'Imran : 185)


4. Hidup Kedua dan Selamanya

    ... dan dihidupkan-Nya kembali ...

        "Dan ditiuplah sangkalala, maka tiba-tiba mereka keluar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka." (QS. Yaasin : 51)

     "yaitu hari (yang pada waktu itu) ditiup sangkakala lalu kamu datang berkelompok-kelompok, dan dibukalah langit, maka terdapatlah beberapa pintu, dan dijalankanlah gunung-gunung maka menjadi fatamorganalah ia" (QS. An Naba' : 18-20)

        Dan seletah kematian itu sungguh, Allah akan menghidupkan kembali, dimana setiap manusia akan mempertanggung jawabkan setiap hal selama hidupnya dahulu.

      "Apakah manusia mengira, bahwa ia akan dibiarkan begitu saja (tanpa pertanggung jawaban)?" (QS. Al-Qiyamah : 36)


... kemudian kepada-Nya-lah kamu dikembalikan ...

            Syurga atau pun Neraka, ia adalah pilihan dan pilihan itu ditentukan saat ini, disaat mata masih dapat melihat warna-warni dunia, disaat detik-detik waktu masih tersisa meski sedikit.

merdikawati 
   

0 komentar:

Posting Komentar

 

merdikawati Template by Ipietoon Blogger Template | Gift Idea